Tantangan Evaluasi Pengetahuan dan Faktor-faktor Pengetahuan Siswa yang Rendah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Bandung

  • Sinta Nurhayati UIN SGD BANDUNG
  • Chaerul Rochman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Qiqi Yulianti Zakiyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui  hasil evaluasi pengetahuan siswa dan faktor-faktor penyebab rendahnya pengetahuan siswa  penelitian di SMP Negeri 18 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa pencapaian hasil evaluasi pengetahuan siswa pada nilai terendah di SMP Negeri 18 Bandung adalah 0,37 jika dibanding dengan seluruh skor maksimum yang seharusnya dicapai pada skor evaluasi perbutir soal. Penelitian ini merekomendasikan untuk mendalami faktor-faktor penyebab rendahnya pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran dikelas. Faktor-faktor penyebab rendahnya pengetahuan siswa adalah 1) kurangnya motivasi 2) kesibukan orang tua 3) kesulitan belajar 4) lingkungan yang kurang baik. Menurut penulis, pendidik di sekolah harus melakukan tindakan sebaik mungkin terhadap siswa yang rendah pada pengetahuannya dan  terhadap cara mengajar dikelas, juga melakukan pelatihan-pelatihan terhadap siswa yang belum mampu mencapai pengetahuan yang baik.. Karena dalam pembelajaran dikelas pendidik sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemuasan harapan masyarakat.

References

Burke, John W. Competency Based Education and Training. London New York: The Falmer Press, 1995.
Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Cet.I; Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 1996.
Popham, W. James dan Evi L. Baker, Teknik Mengajar secara Sistematis. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1992
Rothney, John W. M.. Evaluation of Learning dalam Charles E. Skinner, Educational Psychology. New Delhi: Prencite-Hall Inc, 1984
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yangempengaruhinya. Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Daud, Firdaus. "Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP)19.2 (2012): 243-255.
Widoyoko, S. Eko Putro, and Anita Rinawat. "Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa." Jurnal Cakrawala Pendidikan 5.2 (2012). Nurmala, Desy Ayu, Lulup Endah Tripalupi, and Naswan Suharsono.
"Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4.1 (2014).
Panuntun, Sugih. "Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas." Ekonomi IKIP Veteran Semarang1.1 (2013).
Dimyati; Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Published
2019-07-29
How to Cite
NURHAYATI, Sinta; ROCHMAN, Chaerul; ZAKIYAH, Qiqi Yulianti. Tantangan Evaluasi Pengetahuan dan Faktor-faktor Pengetahuan Siswa yang Rendah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Bandung. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 369-382, july 2019. ISSN 2477-295X. Available at: <http://ejournal.stitmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/168>. Date accessed: 13 dec. 2019.
Section
Articles