Evaluasi Standar Proses Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Playen

  • Aris Setyawan guru
  • Hendro Widodo Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting pada sebuah lembaga sekolah. Dan pelajaran ismuba adalah ciri khas dan keunggulan dari sekolah Muhammadiyah. Berbagai masalah pada proses pembelajaran ismuba yaitu Perencanaan program pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran yang belum efektif. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana pelaksanaan standar prosesnya, sejauhmana target pencapaian  kinerja pendidik dan upaya tindak lanjut  dari hasil pencapaian pelaksanaan standar proses yang dilakukan oleh sekolah. Tujuannya untuk mengetahui pelaksanaan setandar proses pendidikan,  untuk mengetahui tingakat pencapaian kinerja guru dan sekolah dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam proses pembelajaran, dan upaya tindak lanjut yang harus dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan subyek seluruh guru ismuba di SMK  Muhammadiyah 1 Playen. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  dengan metode analisis data induktif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan standar proses pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Playen sudah berjalan dengan baik, dan masih ada kekurangan yang harus diperbaiki oleh sekolah, walaupun sudah ada sebagian yang sudah terlaksana dengan baik. Perlu upaya tindak lanjut yang perlu dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kemampuan guru supaya menjadi guru yang lebih profesional.

Published
2019-07-29
How to Cite
SETYAWAN, Aris; WIDODO, Hendro. Evaluasi Standar Proses Pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Playen. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 316-343, july 2019. ISSN 2477-295X. Available at: <http://ejournal.stitmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/162>. Date accessed: 13 dec. 2019.
Section
Articles