Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Husna Amalia STAI Hasanuddin Pare

Abstract

Manajemen kelas adalah bagian dari komponen penting yang harus dimiliki oleh guru yang profesional. Konsep dari manajemen kelas itu sendiri bertujuan untuk memberikan penyelesaian terhadap suatu masalah atau kesulitan yang terjadi dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Manajemen kelas berusaha untuk meningkatkan interaksi kegiatan belajar mengajar dalam rangka untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif khususnya dalam pembahasan ini adalah pada materi Pendidikan Agama Islam. Keberhasilan pembelajaran dalam kelas tidak terlepas dari profesionalisme guru dalam hal pengelolaan kelas.


Kata Kunci: Manajemen kelas, efektif, pembelajaran, PAI

References

Ahmadi ,Abu dan Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Carolyn. Manajemen Kelas. Jakarta: Kencana, 2011.

Departemen Agama RI. Kurikulum Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Balitbang Depag, 2013.

Djamaroh, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Hadi, Soedomo. Pengelolaan Kelas. Surakarta: UNS Press, 2005.

Hamruni. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenagkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Ikhwan, Afiful. Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam. Kajian Tematik Alquran dan Hadist), Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, EISSN: 2407-3717, Vol.4, No.1, Juni 2016, 140-141.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya, 2008.

Mulyadi. Classroom Management. Malang: UIN-Malang Pres, 2009.

Nazarudin. Manejemen Pembelajaran. Jogjakarta: Teras, 2007.

Omrod. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2008.

Rusydie, Salman. Prinsip-Prinsip Manajemen Kelas. Jogjakarta:Diva Press, 2011.

Sagala. Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabetha, 2010.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2011.

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2009.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan, dan Implementasi Pada KTSP. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Kelas. Jakarta: Ar Ruzz Media, 2013.
Published
2019-01-29
How to Cite
AMALIA, Husna. Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 150-173, jan. 2019. ISSN 2477-295X. Available at: <http://ejournal.stitmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/160>. Date accessed: 26 june 2019.
Section
Articles