Program Komite Madrasah Dalam Menunjang Pengembangan Mutu Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul Yogyakarta

  • Laelatul Badriah Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Agus Haryadi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah World Bank mencatat salah satu faktor yang menyebabkan manajemen madrasah tidak efektif yaitu rendahnya peran serta masyarakat dalam pengelolaan madrasah. Tanpa dukungan dan partisipasi dari masyarakat, lembaga pendidikan akan menjadi sulit dan terhambat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikannya. Dalam meningkatkan mutu madrasah harus dimulai dengan komitmen yang tinggi dari seluruh civitas akademik lembaga pendidikan dan didukung oleh masyarakat pengguna pendidikan. Oleh sebab itu diperlukan wadah yang bisa dipakai oleh masyarakat untuk mengemban amanat tersebut yang bernama komite madrasah. Komite madrasah yang menjalankan perannya akan dapat menunjang pengembangan mutu madrasah. Penelitian ini bertujuan: Pertama, mendeskripsikan implementasi program komite madrasah di MIN 1 Bantul. Kedua, mendeskripsikan keterkaitan antara program komite madrasah dengan pengembangan mutu madrasah di MIN 1 Bantul.


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tentang program komite madrasah untuk meningkatkan mutu madrasah, dengan kepala madrasah, pengurus komite madrasah, orang tua siswa, dan guru sebagai subjek penelitian. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite madrasah memiliki program yang dilaksanakan di MIN 1 Bantul dalam rangka meningkatkan mutu madrasah antara lain: program peningkatan mutu manajemen madrasah, program pengembangan program komite madrasah, program mujahadah dan sima’an AlQur’an, program paguyuban, program patembayan, program infaq pendirian musholla, program santunan anak yatim, program bantuan subsidi silang, program madrasah sehat, program madrasah adiwiyata, program pendampingan dan program gemar menabung. Dengan adanya program komite madrasah, komite madrasah berkontribusi dalam pengembangan kapasitas bidang manajemen madrasah, budaya madrasah, pengembangan lingkungan pembelajaran, kemitraan antara madrasah dengan masyarakat dan pengembangan madrasah sehat.Program komite madrasah MIN 1 Bantul telah membantu dalam pengembangan mutu madrasah di MIN 1 Bantul.dengan demikian, MIN 1 Bantul telah berhasil memenuhi satu karakteristik untuk menjadi madrasah bermutu yaitu tinggi dalam melibatkan masyarakat untuk ikut serta mengelola madrasah.

References

Anwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bodi Kurniawan, "Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta", Skripsi, (Jakarta: Jurusan Kependidikan, Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011).
Dian Yuda Prastia, "Peran Serta Komite Madrasah dalam Pengembangan Madrasah di MAN Gandekan Bantul", Skripsi, (Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga, 2009).
Direktorat Pendidikan Madrasah. Pengembangan Madrasah Efektif. (Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Dirjen Mendikdasmen Depdiknas, 2006. Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Deppdiknas.
Djamal. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadlullah.2008. Dinamika Sistem pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Diadit Media.
Ghony, Djunaidi dan Almanshur, Fauzan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hariyadi, Agus. 2012. Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: Cahaya.
, Agus. 2013. Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: Cahaya.
, Agus. 2016. Komite Madrasah Tahun Pelajaran 2016/2017. Yogyakarta: Cahaya.
Hasnun, Anwar. 2010. Mengembangkan Sekolah yang Efektif. Yogyakarta: Datamedia.
Herman, Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja dan Membangun Mutu Sekolah, diunggah pada tanggal 04 Mei 2015, diunduh pada tanggal 15 Juni 2017, pukul 11:26 WIB.
Imam, Subekti. 2000. Desain dan Analisis Data dalam Penelitian Kuantitatif. Malang: STAIN Malang.
Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama. 2010. Petunjuk Teknis Untuk Penguatan Komite Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia.
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 2913 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Struktur Organisasi dan Pengelolaan Dana Komite Madrasah.
Maryono. 2015. Membangun Sekolah Potensi. Yogyakarta: Lentera Kreasindo.
Moleong, Lexy, J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Musyadad, Ahmad. 2016. Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 1 Bantul.Yogyakarta: MIN 1 Bantul.
Mutohar, Prim Masrokan. 2014. Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Padil, Moh. dan Prastyo, Angga Teguh. 2011. Strategi Pengelolaan SD/MI Visioner. Malang: UIN Maliki Press.
Ranti Safi’ah, "Upaya Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bego dari Tahun Ajaran 2011/2012 - 2014/2015", Skripsi, (Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2016).
Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sagala, Syaiful. 2013. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Samani, Muchlas, dkk. 2009. Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta.
Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Triana, Cepi. 2015. Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Umaedi, Hadiyato dan Siswantari.2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Windi Retno Bintari, "Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di SD Negeri Megulung Lor Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012", Skripsi, (Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014).
Yayasan Satu Karsa Karya. Revitalsasi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jawa Tengah: Yayasan Satu Karsa Karya.
Yuni Larasati, "Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Ronggolawe Kota Semarang", Skripsi, (Semarang: Jurusan Politik dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, 2009).
Zayadi, Ahmad. 2005. Desain Pengembangan Madrasah. Jakarta: Departemen Agama RI.
Published
2019-01-11
How to Cite
BADRIAH, Laelatul; HARYADI, Agus. Program Komite Madrasah Dalam Menunjang Pengembangan Mutu Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul Yogyakarta. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 68-96, jan. 2019. ISSN 2477-295X. Available at: <http://ejournal.stitmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/150>. Date accessed: 22 aug. 2019.
Section
Articles