Penerapan E-Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

  • Sitta Muflihah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Pacitan

Abstract

Perkembangan teknologi pendidikan tidak dapat dilepaskan dengan perkembangan teknologi pada umumnya. Berbagai perangkat pendidikan dan sarana pendidikan yang modern turut mendukung optimalisasi proses pembelajaran, baik di tingkat sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi banyak menawarkan berbagai kemudahan-kemudahan dalam pembelajaran yang memungkinkan terjadinya pergeseran orientasi pembelajaran dari proses penyajian berbagai pengetahuan menjadi proses bimbingan dalam melakukan eksplorasi individual terhadap ilmu pengetahuan.


E-learning dalam pengertian luas dapat diartikan sebagai pembelajaran yang menggunakan segala jenis media elektronik seperti komputer, televisi, radio, video, tape, LCD projector, telepon, dan lain sebagainya. Sedangkan e-learning dalam pengertian yang sempit merupakan pembelajaran yang menggunakan fasilitas internet. Maka dari itu e-learning dalam arti sempit juga sering dikenal dengan pembelajaran online atau online learning/online course. E-learning merupakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai macam media elektronik, khususnya komputer dan internet untuk menunjang kegiatan pembelajaran tatap muka, baik itu bersifat suplemen, komplemen, ataupun substitusi. Maka dari itu, dalam memanfaatkan e-learning sebagai salah satu media belajar, kemandirian dan motivasi pembelajar (learner) merupakan hal yang sangat penting.


SMA Muhammadiyah 2 Jogjakarta adalah salah satu sekolah yang telah menggunakan e-learning untuk semua mata pelajaran termasuk Pendidikan Agama Islam. Namun, menurut kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Jogjakarta bahwa e-Learning di sekolah tersebut memang sudah ada dan guru-gurunya telah mengikuti pelatihan e-learning sebanyak 2 kali, akan tetapi pembelajaran e-learning belum berjalan 100% atau belum terlaksana sepenuhnya secara optimal.

References

Lantip Diat Prasojo dan Riyanto, Teknologi Informasi Pendidikan , Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2012.

Prasojo, Lantip Diat dan Riyanto, Teknologi Informasi Pendidikan, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Rusman, dkk., Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Soekartawi. “E-Learning untuk Pendidikan Khususnya Pendidikan Jarak Jauh dan Aplikasinya di Indonesia.” dalam Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar (ed.), Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2004.

Tafiardi, “Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning,” dalam Jurnal Pendidikan Penabur, No.04/ Th.IV/ Juli 2005, hlm. 86.
www.smuha-yog.sch.id.

Yazdi, Mohammad. “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi.” dalam Jurnal Ilmiah Foristek. Vol. 2, No. 1, Maret 2012
Published
2018-02-16
How to Cite
MUFLIHAH, Sitta. Penerapan E-Learning Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 31-46, feb. 2018. ISSN 2477-295X. Available at: <http://ejournal.stitmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/126>. Date accessed: 15 dec. 2018.
Section
Articles