Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di Toddler, Play Group, Taman Kanak-Kanak Plus Islamic Village Tangerang

  • Maemunah Maemunah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Islamic Village Tangerang

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan kepada anak sejak lahir sampai dengan  enam tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.Pendidikan anak usia dini di sekolah toddler, play group, dan TK Islamic Village yang terletak di Kelapa Dua Karawaci, salah satu sekolah yang mempunyai ciri khas yang juga banyak diminati oleh masyarakat sekitarnya. Adapun kurikulum program akademik di sekolah anak usia dini Islamic Village diantaranya yaitu: 1). Mengembangkan karakter berdasarkan nilai – nilai agama dan moral Islam yang luhur. 2). Mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kemandirian. 3). Mengembangkan kemampuan dasar kognitif, bahasa, seni budaya, motoric halus dan motoric kasar. 4). Model pembelajaran berbasis empat sentra yaitu:Al-Izzah Al-Islamiyah & Family Centre, ICT, Bar centre, Science centre.Manajemen pendidikan anak usia dini di Islamic Village, dilihat dari manajemen tenaga kependidikan, kurikulum, sarana prasarana, anggaran biaya, serta partisipasi masyarakat, sudah mengalami banyak kemajuan dalam pengaturananya.

References

Arikunto, S, Pengelolaan Kelas dan Siswa:Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: CV Rajawali, 1992.
Bafadal, Ibrahim, Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
______________, Manajemen Perlengkapan Sekolah: teori dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008
Djamarah, S. B & Zain, A. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Fattah, N, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Kamaludin, Manajemen, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan, 1989.
Nasution, Zulkarnain, Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan, Malang: UMM Pers, 2006.
Sudono, Anggani. dkk, Pengembagan anak Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung:Citra Umbra, 2003.
Wiyani dan Barnawi, Format PAUD, Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2014.
________________, Manajemen Sarana dan Prasarana. Jogjakarta: Arruzz Media, 2012.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2002.
https://www.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/berita/8979.html.
Lenette Azzi-Lessing, “Growing Together: Expanding Roles for Social Work Practice in Early Childhood Settings” Social Work, Children, Youth and Adolescent Issues Vol. 55, No. 3, (Oxford University Press, July 2010), pp.255-263.
Published
2018-02-25
How to Cite
MAEMUNAH, Maemunah. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di Toddler, Play Group, Taman Kanak-Kanak Plus Islamic Village Tangerang. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 138-168, feb. 2018. ISSN 2477-295X. Available at: <http://ejournal.stitmuhpacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/108>. Date accessed: 17 aug. 2018.
Section
Articles